BOROBUDUR SUNRISE TOUR


BOROBUDUR SUNRISE TOUR


"Punthuk Setumbu"  BOROBUDUR , MAGELANG , JAWA TENGAH


Punthuk Setumbu yang terletak Jl. Borobudur Ngadiharjo KM3 Kurahan,Karangrejo,Borobudur, Magelang, Central Java, 56553, Borobudur, Jawa Tengah merupakan destinasi favorit bagi para wisatawan terutama para traveler, backpacker, pecinta sunrise (matahari terbit) dan keindahan alam untuk menikmati betapa megahnya karunia Tuhan dan melihat sisi lain bagaimana peradaban manusia yang begitu tinggi tingkatan intelegensinya. Berada dalam satu garis lurus dengan Candi Borobudur, Candi Pawon dan Candi Mendut membuat Punthuk Setumbu memiliki nilai eksotisme tersendiri. Namun bagaimana satu garis lurus tersebut tidak dibahas di artikel ini, namun bisa dibaca sedikit pada berita yang dimuat di kompas ini link tentang garis lurus Borobudur, sekarang kita akan mengajak traveler untuk mengetahui bagaimana kondisi di dalam Puthuk setumbu itu sendiri

Punthuk sendiri merupakan penamaan dalam bahasa Jawa untuk penyebutan Bukit, jadi bisa dikatakan bahwa Punthuk Setumbu merupakan Bukit Setumbu. Namun akan lebih menyenangkan ketika penyebutannya menggunakan bahasa daerahnya, sehingga kita bisa belajar sedikit bahasa yang berbeda.

Mengunjungi Punthuk Setumbu di pagi hari usai subuh adalah poin utama dari spot wisata ini dimana matahari belum bersinar mendaki diantara diinginnya udara Borobudur, berbagi bersama rekan dalam canda dan tawa dapat membuat kita rileks dalam suasanya alam terbuka yang dipenuhi pepohonan . Udara yang masih asri menjadi surga tersendiri bagi kita yang terbiasa hidup di daerah kota. Menikmati kicauan suara burung diantara pepohonan, tersenyum disetiap langkah mendaki, untuk mencapai puncak akan  menjadi rasa syukur tersendiri. Hingga akhirnya, mencapai puncak tertinggi Punthuk Setumbu dan menemukan tanah lapang dengan mentari yang sedikit demi sedikit malu-malu menampakan ke-angungganNYA. Dihimpit dua gunung Merapi dan Merbabu membuat sang mentari semakin indah dalam balutan kabut putih penghiasnya. Semakin sang mentari meninggi dapat terlihat dalam pandangan Candi Borobudur yang megah dengan segala cerita ke agungannya. Sungguh indah refleksi hati yang terucap. Hal tersebut akan tergambar jelas jika anda mengunjungi langsung, berikut ini gambaran sebelum ada mengunjungi tempat ini.



BOROBUDUR SUNRISE TOUR
Loket / Pintu masuk BOROBUDUR SUNRISE TOUR




Dengan tiket masuk 15.000 untuk pengunjung lokal dan 2x lipatnya untuk stranger (pengunjung internasional), keindahan anugerahNYA yang dapat kita nikmati dalam perjalan Punthuk Setumbu. Selain menikmati sunrise, terdapat beberapa spot yang disediakan untuk menikmati keindahan pesona Punthuk setumbu, namun jangan terkecoh dengan segala yang ada di Punthuk Setumbu. Karena terdapat beberapa tempat yang disediakan atau diklaim lahan pibadi yang memang berada di kawasan Punthuk Setumbu, pengunjung dibebanni biaya tambahan ketika ingin menikmatinya.
Ketika kami menanyakan kenapa harus bayar untuk menaiki rumah pohon ini, mereka menjawab ini lahan pribadi, walpaun letaknya berada setelah loket masuk, jadi tentunya hal tersebut akan membebani pengunjung yang belum mengetahuinya, sebaiknya bagai anda yang mengunjungi tempat ini hendaknya menanyakan terlebih dahulu sebalum menggunakan fasilitas yang berada di kawasan ini tepatnya setelah loket masuk hingga puncak agar tidak merasa terbebani biaya tambahan.

 
BOROBUDUR SUNRISE TOUR
Tiket BOROBUDUR SUNRISE TOUR


Berikut adalah list beberapa spot Punthuk Setumbu yang berada di lahan pribadi dan milik pribadi.

1. Tiket masuk Punthuk Setumbu Rp. 15.000,-


2. Parkir

- Motor Rp. 2.000,-

- Mobil Rp. 5.000,-



3. Spot view yang berada di lahan pribadi dan milik pribadi


- Rumah Pohon Asem yang berada di puncak Punthuk Rp. 10.000,-

- Rumah Pohon dibawah (dekat setelah loket masuk) Rp. 5.000,-

- Spot view Bukit Jati Seiklanya



4. Toilet Rp. 2.000,-

Fasilitas pribadi tersebut pada poin 3 tidak termasuk dalam fasilitas Punthuk Setumbu sehingga dikenakan biaya tersendiri. Terkadang pengunjung akan terhipnotis dengan spot-spot tersebut, sehingga tanpa berfikir lagi akan menikmati dan menggunakan spot tersebut, namun ketika selesai, anda mungkin akan terkaget ketika ada seseorang yang menghalangi langkah anda dan meminta biaya kepada anda.
 
BOROBUDUR SUNRISE TOUR
Rumah Pohon adalah Fasilitas setelah loket masuk dimiliki oleh lahan pribadi / perseorangan

BOROBUDUR SUNRISE TOUR
Lokasi ini juga termasuk bagaian dari lahan milik pribadi yang dikenakan biaya tambahan

BOROBUDUR SUNRISE TOUR
Salah satu Kotak yang di tempatkan di pintu masuk lahan pribadi


Terlepas dari apa yang ada, Punthuk Setumbu selalu menjadi destinasi favorit bagi para pecinta keindahan ciptaanNYA. Bagaimana kita merefleksikan dan menginterpretasika keindahan tersebut, semua tergantung pada pribadi masing-masing individu. Sebagai pijakan menikmati Puthuk Setumbu adalah kita kecil di hadapan alam semesta,dimana bumi membentang langit terhampar luas dan kita berada di daalamnyya namun, Menikmati perjalanan adalah keutamaan dalam setiap misi perjalanan kembali kedapa kaca mata masing masing,  untuk itu pastikan anda mengetahui kemana tujuan perjalanan anda dan atau jika anda menggunakan jasa pejalanan, pastikan kenyamanan anda dengan agen perjalanan kepercayaan anda. By Tripatborobudur

0 komentar: